Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Senin, 16 Januari 2012

Mengatasi CRASH Web Browser Saat Runing Form Oracle 10g


Ane dapat tugas kuliah bikin form pake Oracle Forms 10g. Awalnya Semua berjalan lancar mulai dari instalasi, setting listener and net manager buat nyambungin data yang ada di database oracle ke oracle developer, tapi muncul masalah pas ane NgeTes Running form di oracle developer.
Klo running biasanya langsung Web Browser ke buka dan aplikasi pun jalan cuman ini browsernya minta di instalin dulu Jinititor. Ane coba instalin Jinitiator & beres instalasi ane coba buka lagi di Web browser. Lalu BIMSALABIM….Web Browser ane malah Crash…!!!! Mulai dari Internet Explorer, Fire Fox, Google Chrome, Netscape Navigator, semua-muanya udah pada ane cobain tapi pada Crash bin Hang…
Akhirnya Ane coba ketak-ketik, tanya Mbah Google, seharian ane melototin monitor kompi berharap ada jawaban yg pasti dari si Mbah. Akhirnya ane nemu article orang bule…Judulnya “FireFox, IE crash with Forms 10g, Replace Jinitiator with JRE”
Dari ntu artikel dibilang kalo Jinititaor ternyata tidak lagi cocok dengan layanan Form Oracle. Secara Default, oracle form 10g menggunakan Jinitiator 1.3.1.22 (Wuih jadul banget, klo g salah ni versi 2004) agar bisa runing. Trus buat mecahin masalahnya, ni artikel bilang ga usah pake Jinitiator (Hah..yg boneng lo…) ada cara lain yg makNyuss..
Kita diwajibkan mendownload dulu java runtime environment (JRE) versi brapa saja & menginstal di komputer kita. Beres instalasi, ada sedikit perubahan codingan di file FORMSWEB.CFG, nah beres ntu …muncul pertanyaan di dalam kepala ane, dimanakah letaknya file FORMSWEB.CFG ini??? Soalnya si bule ga ngejelasin lokasinya..
Akhirnya Mbah Google pun jadi pelampiasan buat di interogasi…beres beberapa kali buka tutup web di jagad Maya akhirnya ane nemu juga jawabannya, simpel banget malah…Cuman Running OC4J Instance terus Runing-in juga form developer, kemudian liat di OC4J Instance ntar bakal ada tulisan configFileName: F:\DevsuiteHome_1/forms/server/formsweb.cfg (Tergantung folder di kompi masing-masing, klo folder tempat diemnya si formsweb.cfg ini, dikompi ane ada di drive F)



Klo udah ketemu formsweb.cfg, buka filenya terus cari & edit sintax berikut:
Cari:
# System parameter: default base HTML file
baseHTML=base.htm
# System parameter: base HTML file for use with JInitiator client
baseHTMLjinitiator=basejini.htm
# System parameter: base HTML file for use with Sun’s Java Plug-In
baseHTMLjpi=basejpi.htm

Buat perubahan sintax di atas seperti di bawah ini:
# System parameter: default base HTML file
baseHTML=basejpi.htm
# System parameter: base HTML file for use with JInitiator client
baseHTMLjinitiator=basejpi.htm
# System parameter: base HTML file for use with Sun’s Java Plug-In
baseHTMLjpi=basejpi.htm

Beres ntu cari lagi sintax kayak gini:
jpi_download_page=http://java.sun.com/products/archive/j2se/1.4.2_06/index.html
jpi_classid=clsid:CAFEEFAC-0014-0002-0006-ABCDEFFEDCBA
jpi_codebase=http://java.sun.com/products/plugin/autodl/jinstall-1_4_2-windows-i586.cab#Version=1,4,2,06
jpi_mimetype=application/x-java-applet;jpi-version=1.4.2_06

Berdasarkan sintax di atas, ilangin beberapa sintax di: jpi_mimetype=application/x-java-applet;jpi-version=1.4.2_06

Menjadi: jpi_mimetype=application/x-java-applet

CapCay…Beres dech…sekarang tinggal coba runing form oracle developer & Jangan Lupa, klo ada yang udah terlanjur instal Jinitiator di awal, silakan di remove terlebih dahulu agar formnya bisa jalan…

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...