Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Senin, 07 Februari 2011

Kuis Dasar Manajemen & BIsnis

1. Sebutkan keuntungan dan kerugian media periklanan yang berbeda ? (minimal 3 macam)

- Media periklanan televisi

Keuntungan:

a. Dengan menggabungkan visualisasi, suara dan gerak, televise menarik seluruh indera pemirsa.

b. Informasi tentang kondisi demografis pemirsa akan program tertentu memungkinkan pengiklan untuk mengarahkan iklannya kepada khalayak sasaran.

c. Televisi dapat menjangkau pemirsa lebih banyak dari pada media lainnya.

Kerugian:

a. Banyaknya iklan di televise menyebabkan TV menjadi media yang buruk dalam mendidik pemirsa

b. TV merupakan media yang paling mahal untuk beriklan

- Media periklanan Koran

Keuntungan:

a. Koran memberi cakupan jumlah pambaca yang sangat baik.

b. Iklan Koran bersifat fleksibel-mudah diganti-ganti setiap hari.

Kerugian:

a. Koran, walaupun Iklannya bersifat fleksibel, umumya Koran tersebut dibuang setelah satu hari.

b. Ruang lingkup keterbacaannya begitu luas sehingga tidak memungkinkan pengiklan membidik pemirsa secara baik.

- Media periklanan majalah

Keuntungan:

a. Besarnya variasi majalah menyediakan pangsa pasar tingkat tinggi yang sudah siap bidik.

b. Majalah menyediakan banyak ruangan untuk informasi produk yang lengkap kepada pengiklan.

c. Majalah memungkinkan reproduksi fotografi karya seni yang sempurna .

d. Karena majalah sifatnya tahan lama dan dapat diberikan kepada orang lain, iklan majalah akan terus-menerus dilihat orang.

Kerugian:

Apabila memasang iklan di majalah, Iklan harus segera diserahkan sebelum majalah dicetak, dan terkadang tidak ada jaminan di bagian mana iklan tertentu akan muncul dalam majalah

- Media periklanan radio

Keuntungan:

Pemasangan Iklan di radio tidak begitu mahal

Kerugian:

a. Stasiun radio biasanya tersegmentasi kepada beberapa ketegori sehingga pendengar mereka pun tersegmentasi pula.

b. Iklan di radio sangat cepat berlalu dan masyarakat cenderung menggunakan radio sebagai pendamping sambil mengerjakan hal yang lain.

2. Apakah keuntungan dan kerugian penggunaan perantara dalam mendistribusikan produk, baik dari sudut pandang perusahaan manufaktur dan dari sudut pandang pengguna akhir?

Keuntungan:

Sudut pandang perusahaan manufaktur

  1. Membantu dalam mendistribusikan baran-barang
  2. Dengan memakai perantara, maka akan mengakibatkan penjualan meningkat karena distribusi yang intensif dan lancar serta kepuasan pelanggan yang lebih besar.

Sudut pandang pengguna akhir

- Perantara dapat memberikan nilai tambah dengan menghemat uang dan waktu mereka (konsumen). Para perantara menambah nilai dengan cara memberikan informasi yang mampu menghemat waktu dan dengan cara menyediakan produk dalam jumlah yang tepat pada tempat dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kerugian:

Sudut pandang perusahaan manufaktur

-Dengan menggunakan perantara, Total Penjualan bisa saja menurun, akibat melambungnya harga di pasaran yang disebabkan pembebanan penambahan harga (markup) atau komisi yang diterapkan perantara.

Sudut pandang pengguna akhir

Kepuasan mereka (konsumen akhir) semakin turun akibat harga makin tinggi karena: semakin banyak anggota saluran-semakin banyak perantara-semakin tinggi harga akhir produk.

3. Jelaskan perbedaan peran yang dimainkan para pedagang grosir dan agen/broker!

-Pedagang grosir memainkan dua peran, dimana membeli produk dari produsen dan menjualnya pada perusahaan atau bisnis lain. Biasanya menyediakan layanan penyimpanan dan pengantaran barang.

- Agen/broker berfungsi sebagai representasi independen dari berbagai macam produk perusahaan. Mereke bekerja berdasarkan komisi dan tidak seperti pedagang grosir, mereka tidak mengambil hak atas barang dagangan yang mereka jual. Sebaliknya mereka berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari produsen yang tidak memiliki angkatan kerja penjualan sendiri.

4. Jelaskan bagaimana perbedaan aktivitas e-agent (agen belanja internet) dibandingkan dengan agen tradisional.

Aktivitas e-agent

E-agent membantu para pelanggan internet dengan cara mengumpulkan dan memilih informasi. Walaupun tidak memiliki satu produk pun, e-agent mengetahui situs web dan toko mana yang harus dikunjungi, memperlihatkan perbandingan harga yang akurat, mengidentifikasi ciri-ciri produk dan membantu konsumen menyelesaikan transasksi dengan menarik informasi dari situs-situs di seluruh dunia, memilihnya, dan menyampaikannya dalam format yang dapat digunakan-hanya dalam hitungan detik.

agen tradisional

Agen tradisional biasanya beraktivitas di toko-toko, supermarket/ dipasar-pasar, baik pasar modern maupun tradiosional. Nilai agen tradisional terletak pada pengetahuan mereka mengenai pasar dan keahlian dagang mereka. Mereka juga menyediakan serangkaian jasa, termasuk menempatkan dan memajang berang-barang dan merancang iklan. Mereka mengganti bungkus yang terbuka, sobek, atau kotor, mengtaur produk dengan rapi dan umumnya menjaga produk agar tetap menjadi pajangan yang menarik.

5. Jelaskan bagaimana nama merk dan pengemasan dapat digunakan untuk meningkatkan kesetiaan terhadap suatu merk.

Merk merupakan identitas dan cirri khas dari suatu produk dan pemberian merk merupakan proses menggunakan symbol untuk mengomunikasikan cirri-ciri produk tertentu yang dibuat oleh produsen tertentu.

Kemasan merupakan wadah fisik tempat produk itu dijual, diiklankan atau dilindungi. Jadi, pengemasan terhadap suatu produk sangat dibutuhkan karena pengemasan berperan sebagai iklan dalam toko dan dapat membuat produk terlihat lebih menarik, memamerkan nama merk serta mengidentifikasi ciri dan manfaatnya. Pengemasan juga mengurangi risiko kerusakan, pecah, atau pembusukan serta mempersulit pencurian.

jika suatu produk memiliki merk yang jelas, eye catching, easy listening dan memilki keunikan tersendiri serta diberi kemasan cantik dan memarik, kemungkinan konsumen akan lebih senang dan lebih puas dengan produk yang ditawarkan dan ada harapan konsumen akan mengulang untuk membeli atau mengkonsumsi produk tersebut-dalam artian loyal/ setia.

6. Mengapa dan bagaimana segmentasi pasar digunakan dalam target pemasaran.

Segmentasi pasar merupakan pembagian pasar ke dalam kategori jenis atau segmen pelanggan. Target pemasaran adalah pelanggan, pelanggan adalah konsumen dan konsumen adalah pembeli serta pembeli itu sendiri memilki selera, minat, tujuan, gaya hidup yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pasar harus dibagi berdasarkan keanekaragaman kebutuhan pelanggan agar Target pemasaran yang dirancang dan dicita-citakan tersebut efektif dan efisien.

Segmentasi pasar digunakan dengan cara menganalisis konsumen, seperti pertimbangan terhadap:

-unit geografis konsumen

-demografis (umur, latar belakang etnis, suku, agama, dan lain-lain)

-psikografis (gaya hidup, minat dan sikap)

-perilaku (merujuk pada cara-cara konsumen menggunakan produk, manfaat yang mereka harapkan dari produk, alasan membeli, dll)

7. Mengapa pelatihan formal untuk para karyawan sangat penting bagi kebanyakan perusahaan? Mengapa perusahaan tidak menyuruh saja karyawan-karyawannya belajar mengenai pekerjaan ketika mereka sedang melakukan pekerjaan tersebut?

Karena bagi perusahaan yang mengerti akan kualitas kerja yang baik, memang pelatihan formallah yang dibutuhkan para karyawan. Disamping itu, memang begitulah seharusnya tanggung jawab organisasi terhadap karyawannya, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan formal, berarti telah ada upaya demi peningkatan kualitas karyawan dan kemajuan perusahaan. Pelatihan formal memiliki kelebihan dari pada yang bukan formal. Adapun kelebihannya yaitu:

a. Yang memberikan materi/pelatih, pastilah tenaga-tenaga ahli yang telah di cari dan pilih sendiri oleh perusahaan

b. Jika karyawan telah mengikuti pelatihan formal, pengakuan terhadap kualitas kerja akan lebih terjamin dengan adanya sertifikat pelatihan.

c. Pelatihan yang bersifat formal akan lebih terfokus dan terstruktur jika dibandingkan non-formal.

Dari kelebihan-kelebihan pelatihan formal di atas, ini memberikan gambaran betapa pentingnya pelatihan formal demi kemajuan perusahaan.

8. Sebutkan bentuk-bentuk kompensasi yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang produktif?

a. Upah, merupakan kompensasi dalam bentuk uang yang dibayarkan berdasarkan jumlah waktu yang digunakan untuk bekerja

b. Gaji, merupakan kompensasi dalam bentuk uang yang dibayarkan karena seseorang melaksanakan tanggung jawab pekerjaan

c. Program insentif, merupakan program kompensasi khusus yang dirancang untuk memotivasi kinerja yang tinggi. Program insentif terbagi atas:

- Insentif individu:

1. Bonus, merupakan Insentif kinerja individu dalam bentuk pembayaran khusus yang melebihi gaji karyawan

2. Sistem upah berdasarkan prestasi (merit salary system) merupakan insentif indivisu yang menghubungkan kompensasi dengan kinerja dalam jabatan nonpenjualan

3. Upah berdasar kinerja, merupakan insentif individual yang menghargai manajer atas output yang sangat produktif

- Insentif seluruh perusahaan:

1. profit-sharing-plan, merupakan rencana insentif untuk mendistribusikan bonus kepada karyawan ketika laba perusahaan naik di atas level tertentu.

2. gainsharing-plan, merupakan rencana insentif yang member imbalan ke berbagai kelompok atas perbaikan produktivitas

3. pay-for-knowledge, merupakan rencana insentif untuk mendorong karyawan mempelajari keterampilan baru atau menjadi terampil pada pekerjaan lain

d. Tunjangan, merupakan kompensasi selain upah dan gaji

9. Jelaskan perbedaan dari penjualan eceran dan penjualan industri

Perbedaannya terletak pada siapa yang membeli atau orientasi penjualan produk. Penjualan eceran, produsen lebih berorientasi pada penjualan produk konsumsi, dengan kata lain,penjualan produk bagi pemenuhan konsumen yang merupakan pemakai akhir. Penjualan industri, lebih terfokus pada penjualan produk bisnis dengan kata lain, penjualan bagi pemenuhan konsumen yang merupakan bidang bisnis lain.

10. Jelaskan definisi dari produk sebagai suatu paket nilai (value package) dan berikan contoh dari sebuah produk.

Produk sebagai suatu paket nilai adalah produk yang dipasarkan sebagai kumpulan atribut bernilai tambah (ciri khas yang benar dan manfaat yang tepat), termasuk biaya yang layak yang harus dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.

Contoh produk : mesin pemotong rumput dengan ciri khas 12 tenaga kuda dan manfaatnya selain memotong rumput, kemampuannya membuat pekarangan lebih menarik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...