Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Kamis, 08 Desember 2011

Konsep Pembelajaran

Pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan atau nilai yang baru. Proses pembelajaran sendiri merupakan proses yang mendasar dalam aktivitas pendidikan di sekolah. Dari proses pembelajaran tersebutlah siswa memperoleh hasil belajar yang merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar yaitu mengalami proses untuk meningkatkan kemampuan mentalnya dan tindak mengajar yaitu membelajarkan siswa.

Menurut Hamalik (1999:57) pembelajaran adalah:
Suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru, dan tenaga lainnya, misalnya tenaga laboratorium. Material meliputi buku-buku, papan tulis, dan kapur, fotografi, slide dan film, audio dan video tape. Fasilitas dan perlengkapan terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual, juga komputer. Prosedur meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi, praktik, belajar, ujian dan sebagainya.

Sedangkan menurut Dimyati dan Mujiono (1999:297) dalam Sagala (2008:62) pembelajaran merupakan “kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif”.
Berdasarkan pada penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam rangka membantu siswa untuk belajar dimana kegiatan guru tersebut harus memperhatikan unsur-unsur seperti manusia, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kegiatan pembelajaran yang diprogram guru merupakan kegiatan integralistik antara pendidik dengan peserta didik. Pembelajaran juga tidak terjadi dengan seketika dimana menurut Knirk dan Gustafon (1986) dalam Sagala (2008:64) bahwa pembelajaran tersebut merupakan proses yang sistematis yang melalui tahap rancangan, pelaksanaan dan evaluasi.”

Sumber:
Hamalik, Oemar. (1999). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...