Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Kamis, 08 Desember 2011

Faktor yang Mempengaruhi Belajar

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar banyak sekali jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar individu.

Menurut Slameto dalam Prasetio (2011), belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
a. Faktor Intern
Faktor intern adalah faktor yang ada dari dalam diri individu yang sedang belajar. Di bagi menjadi tiga faktor, yaitu:
1) Faktor Jasmaniah
Berupa kesehatan, cacat tubuh dan kematangan jasmaniah yang dimiliki seorang individu yang cukup berpengaruh pada proses belajar. Seseorang yang memiliki kekurangan jasmaniah akan terganggu pada proses belajarnya sehingga tujuan yang ingin dicapai tidak akan optimal.

2) Faktor Psikologi
Beberapa faktor psikologis yang mempengaruhi belajar, antara lain: intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.

3) Faktor kelelahan
Kelelahan juga cukup berpengaruh terhadap belajar. Seorang yang kelelahan akan sulit berkonsentrasi, sehingga akan kesulitan dalam menerima informasi yang disampaikan dalam proses belajar. Agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik maka sebaiknya seseorang jangan sampai mengalami kelelahan.

b. Faktor Ekstern
Faktor ekstern adalah faktor yang mempengaruhi dari luar diri individu. Faktor ekstern terdiri dari:
1) Faktor keluarga
Meliputi hubungan antar anggota keluarga, kondisi dan suasana keluarga, keadaan ekonomi keluarga, dan sistem pendidikan yang diterapkan di dalam keluarga.

2) Faktor sekolah
Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar meliputi metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, tata tertib sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung dan fasilitas sekolah.

3) Faktor masyarakat
Masyarakat juga berpengaruh pada belajar siswa. Kondisi masyarakat, dalam hal ini adalah adat istiadat atau kebiasaan yang ada dalam suatu masyarakat, akan mempengaruhi individu yang ada di dalam masyarakat tersebut sehingga juga akan berpengaruh terhadap belajar.

Sumber:
Prasetio, Galuh. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar. [Online] Tersedia: http://galuhprasetio.com/ilmu-pengetahuan/faktor-yang-mempengaruhi-belajar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...