<!--[if gte mso 9]>
Model pengembangan instruksional yang dikembangkan oleh Gerlack dan Ely ini dimaksudkan untuk pedoman perencanaan mengajar. Menurut Gerlack dan Ely (1971), langkah-langkah dalam pengembangan instruksional terdiri dari:
1. Merumuskan tujuan instruksional
2. Menentukan isi materi pelajaran yang telah disesuaikan dengan TIK
3. Menentukan kemampuan awal peserta didik dengan melakukan pretes
4. Menentukan Teknik dan strategi
Strategi merupakan pendekatan yang dipakai guru dalam memanipulasi informasi, memilih sumber-sumber, dan menentukan tugas/peranan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Jadi pada tahap ini guru harus menentukan cara untuk dapat mencapai tujuan instruksional secara baik
5. Pengelompokan belajar
Pada tahap ini guru harus menentukan bagaimana kelompok belajar akan diatur
6. Menentukan media instruksional yang sesuai
Dalam langkah ini guru harus menentukan alokasi waktu penyajian suatu strategi dan teknik yang digunakan
7. Menentukan Ruang
Dalam menentukan ruang perlu memperhatikan jumlah peserta didik dan strategi yang digunakan, sehingga tujuan instruksional dapat tercapai secara efektif
8. Memilih media instruksional yang sesuai
Pemilihan media ini harus menunjang pencapaian tujuan instruksional dan sesuai dengan strategi dan teknik yang digunakan
9. Mengevaluasi hasil belajar
Evalusi ini untuk menilai sejauh mana tujuan instruksional tercapai, maka evaluasi dikembangkan berdasarkan tujuan instruksional
10. Menganalisis umpan balik
Umpan balik ini dilakukan dalam rangka untuk penyempurnaan/ perbaikan instruksional. Analisis umpan ini hendaknya mencakup seluruh komponen instruksional.