Kali ini ane pingin mosting tentang Rekayasa perangkat lunak (RPL)-jilid 1. Kenapa ada jilid-jilid sagala?? karena RPL ini cukup banyak yang bakal di bahas makanya ane coba sajikan per jilid. Di jilid 1 ini, sobat akan ane ajak untuk berkenalan dengan RPL, mulai dari konsep, latar belakang, karekteristik, dll..
buat menghemat waktu & tenaga (cz dah capek ngetiknya...), silakan di baca tulisan di bawah ini :)
A. Konsep rekayasa perangkat lunak (RPL)
RPL merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas aspek produksi perangkat lunak mulai dari pembuatan analisa kebutuhan, desain, pengujian, hingga sampai pada tahap pemeliharaan sistem.
B. Latar Belakang yang membuat munculnya RPL berdasarkan krisis software
Munculnya software engineering terjadi ketika adanya krisis software di era tahun 1960-an. Krisis ini terjadi akibat lahirnya komputer generasi ke III yang ditandai dengan penggunaan IC (Integrated Circuit). Kemampuan hardware yang meningkat, membuat adanya kebutuhan untuk memproduksi software yang lebih baik. Akibatnya software yang dihasilkan pada saat itu menjadi beberapa kali lebih besar dan kompleks. Pendekatan informal yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, menjadi tidak cukup efektif (secara biaya, waktu dan kualitas). Biaya hardware mulai jatuh dan biaya perangkat lunak malah menjadi naik secara cepat. Oleh karena itu muncullah pemikiran untuk menggunakan pendekatan yang lebih efektif, standar dan terukur dalam mengembangan perangkat lunak.
C. Faktor yang melatarbelakangi adanya rekayasa perangkat lunak
a. Ketidakmampuan organisasi memprediksi waktu, usaha dan biaya untuk membangun perangkat lunak.
b. Perubahan nisbah/rasio biaya perangkat keras terhadap harga perangkat lunak
c. Kemajuan pesat perangkat keras
d. Kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat lunak
e. Tuntutan yang lebih tinggi terhadap jumlah perangkat lunak
f. Tuntutan yang lebih tinggi terhadap mutu perangkat lunak
g. Meningkatnya peran pemeliharaan.
D. Kategori dan karakeristik perangkat lunak
a. Karakterisrik perangkat lunak
1) Maintainability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
2) Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
3) Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource
4) Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan apa yang direncanakan
b. Kategori perangkat lunak
1) Perangkat Lunak Sistem. Sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain seperti kompiler, editor dan utilitas pengatur file.
2) Perangkat Lunak Real-Time. Program-program yang memonitor/menganalisa/mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya ( real-time event).
3) Perangkat Lunak Bisnis, memroses informasi bisnis seperti payroll, inventory, dll.
4) Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan, ditandai dengan penggunaan algoritma number crunching.
5) Embedded Software, produk yang ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrol hasil dan sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri.
6) Perangkat Lunak Komputer Personal, sesuai kebutuhan personal seperti pengolah kata, angka dan manajamen database
7) Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan, menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung.
E. Programming in the small dan programming in the large dalam pemilihan bahasa pemrograman
a. Programming in the small
Programming-in-the Small adalah menguji atau mencoba fitur fitur yang mendukung dengan pengkodean program modul-modul tunggal dan program-program kecil oleh kepentingan Programmer secara individu.
Karakteristik Fitur-fitur yang terkait dengan pemrograman dengan skala kecil ini (Programming-in-the Small) terdiri dari:
1) Sifat Simplicity, Clarity dan Orthogonality dari bahasanya
2) Sintaks dari bahasa pemrogramannya
3) Jumlah dan tipe kontrol struktur (Decision structure, loop control structure dan exception handling)
4) Abstraksi data terhadap tipe struktur datanya.
b. Programming in the large
Programming-in-the Large merupakan Pemrograman yang merujuk pada pengembangan sebuah sistem yang keseluruhannya dipengeruhi oleh koordinasi atas sekelompok orang (Sofware Engineer), dimana setiap engineer membuat respon komponen-komponen pada sistem dengan bagian yang berbeda-beda.
Pada Pemrograman ini, bahasa pemrograman seharusnya mempunyai fitur karakteristik yaitu:
1) Mekanisme untuk enkapsulasi atau pembentukan kelompok tingkat tinggi terhadap abstraksi prosedural dan data
2) Pemisahan yang jelas antara spesifikasi deskripsi sebuah abstraksi dan implementasi abstraksi
3) Mekanisme untuk memproteksi akses dari luar terhadap informasi yang dienkapsulasi
4) Metode yang sederhana pada pemberian modul ke bagian modul lain (reusable atau Peggunaan kembali suatu modul ke modul lain)
Demikian sobat sekalian, RPL jilid 1 sampe disini dulu y...
Kalau pingin sambung ke RPL jilid 2, silakan klik tautan berikut ini Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)-Jilid 2
Selamat menikmati...ho..ho
skip to main |
skip to sidebar
Kamis, 22 Maret 2012
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)-Jilid 1
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)-Jilid 1
2012-03-22T11:16:00+07:00
Aswel
Teknologi dan Media komunikasi|
Anda Pengunjung ke...
TerPopuler
-
Sejarah Pragmatisme Aliran ini pertama kali tumbuh Di Amerika pada tahun 1878. Ketika itu Charles Sanders Pierce (1839 – 1914) menerbitkan s...
-
1. Konsep, Esensi dan Kilasan aliran Filsafat Progresivisme Progresivisme adalah suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada tahun ...
-
1. Hubungan antara sistem, informasi dan manajemen untuk keperluan pendidikan Sistem adalah seperangkat komponen yang saling berhubung...
-
Setahu ane, cerita Romeo & Juliet ditulis oleh seorang Inggris bernama William ShakeSpeare. Ini cerita begitu menginspirasi dan sudah ba...
-
1. Sebutkan keuntungan dan kerugian media periklanan yang berbeda ? (minimal 3 macam) - Media periklanan televisi Keuntungan: a. Den...
KoMentar
Diberdayakan oleh Blogger.