Pengembangan sistem Instruksional model Banathy dapat diformulasikan dalam enam langkah sbb:
1. Merumuskan tujuan
Dalam langka ini guru harus merumuskan kemampuan yang harus dikuasai peserta didiksetelah mengikuti program pengajaran tertenru.
2. Mengembangkan Test
Dalam mengembangkan evaluasi ini perlu didasarkan pada tujuan instruksional yang telah dirumuskan
3. Menganalisis kegiatan belajar
Dalam langkah ini perlu dirumuskan kegiatan belajar yang harus dilakukan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan
4. Mendesain sistem istruksional
Dalam langkah ini ditetapkan jadwal dan tempat dari masing-masing komponen instruksional. Seluruh komponen instruksional yang telah dirumuskan perlu ditetapkan sebagai suatu sistem pengajaran
5. Melaksanakan kegiatan dan mengetes hasil
Dalam langkah ini sistem instruksional yang telah didesain perlu diujicobakan dan dilaksanakan, selain itu juga perlu mengadakan penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik.
6. Mengadakan perbaikan
Hasil yang diperoleh dari evaluasi dapat di gunakan sebagai umpan balik (feed back) dalam rangka mengadakan perbaikan terhadap sistem instruksional