Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Kamis, 29 Mei 2008

Sejarah Definisi Teknologi Pendidikan

Definisi awal :Teknologi Pendidikan Dipandang Sebagai Media
Definisi awal dari Teknologi pendidikan difokuskan pada media pembelajaran.Jadi pada masa itu merujuk pada media yang digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan.
Pada masa permulaan sampai 1920-an, media yang digunakan untuk pembelajaran lebih diarahkan pada media visual seperti peta ,chart grafik,gambar bergerak dan lain sebagainya yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap bahan ajar.
Pada era 1920-an sampai 1940-an terjadi kemajuan media seperti rekaman suara, penyiaran radio,dan gambar bergerak yang disertai suara dan secara otomatis media yang digunakan untuk pengajaran beralih dari pengajaran visual kepengajaran audio visual.
Perhatian terhadap media berlanjut pada 1950-an dengan adanya televisi.Selama 1960 dan 1970, Teknologi Pendidikan dipandang sebagai suatu proses.Pada 1950-an dan 1970-an, sejumlah pakar dalam bidang pendidikan mulai melihat Teknologi Pendidikan sebagai sesuatu yang berbeda. Mereka berpendapat Teknologi Pendidikan tidak bisa disamakan dengan media tapi lebih diarahkan sebagai suatu proses, sebagai contoh,Finn(1960)menyatakan bahwa Teknologi Pendidikan mesti dilihat sebagai cara untuk melihat permasalahan pendidikan dan menguji solusi yang mungkin untuk permasalahan tersebut.Lumsdaine(1964), menyatakan bahwa Teknologi Pendidikan bisa sebagai pemikiran dari aplikasi ilmu pengetahuan ke praktik pengajaran.
Definisi Teknologi Pendidikan Pada Era 1963
Definisi Teknologi Pendidikan difokuskan pada perancangan dan menggunakan pesan yang mengontrol proses pembelajaran.Jadi intinya pada era ini definisi Teknologi Pendidikan sudah lebih menekankan pada pesan pembelajaran agar materi pembelajaran tersebut dapat dipahami dengan mudah oleh siswa.

Definisi Teknologi Pendidikan Pada 1970
Terdapat dua definisi. Definisi pertama menyatakan:
Teknologi Pendidikan adalah media penunjang komunikasi yang digunakan untuk penyampaian maksud pengajaran oleh guru seperti buku,papan tulis, TV, film dan sebagainya.
Definisi kedua menyatakan
Teknologi Pendidikan lebih diarahkan pada upaya perancangan,pelaksanaan dan evaluasi proses belajar mengajar dan menggunakan berbagai sumber belajar
Pada definisi kedua terlihat langkah-langkah yang sistematis dalam pendifinisian Teknologi Pendidikan.
Definisi Teknologi Pendidikan Pada 1977(oleh AECT)
Teknologi pendidikan merupakan sesuatu yang kompleks, proses yang terintegrasi termasuk, orang,prosedur, ide, alat, dan organisasi untuk menguraikan masalah dan peralatan, implementasi, evaluasi dan pengaturan solusi permasalahan termasuk dalam semua aspek pembelajaran manusia.
Definisi 1977 banyak menekankan proses desain yang sistematis(kompleks dan terintegrasi) dan perlu digaris bawahi bahwa definisi 1977 merupakan definisi pertama yang menyebutkan tahap penguraian dari proses perencanaan.
Definisi 1977 juga sudah membicarakan berbagai hal mengenai proses dari awal hingga akhir.hal tersebut meliputi perancangan,pelaksanaan, dan evaluasi.Definisi 1977 ini sudah melibatkan berbagai hal yang terkait dengan definisi 1970.
Definisi Teknologi Pendidikan Pada 1994
Sepanjang 1977 hingga 1900-an, banyak perkembangan yang mempengaruhi Teknologi Pendidikan, oleh karena itu AECT mengeluarkan lagi definisi Teknologi Pendidikan.
Pada saat itu, Teknologi Pendidikan merupakan teori dan praktik dari disain, pengembangan, penggunaan, pengelolaan, evaluasi tentang proses dan sumber-sumber belajar.
Dari definisi di atas dapat digambarkan pada lima wilayah yaitu disain, pengembangan, penggunaan , pengelolaan, evaluasi dan lima wilayah tersebut berpusat pada suatu wilayah, yaitu teori dan praktik.Antara lima wilayah tersebut memiliki hubungan timbal balik dengan wilayah induk. Definisi 1994 ini sedikitnya ada dua hal yang sama dengan definisi sebelumnya yaitu:
1. Tidak memisahkan guru dari media
2. Menfokuskan peningkatan pembelajaran sebagai tujuan untuk hasil kedepannya.
Definisi Baru Mengenai Teknologi Pendidikan
Definisi baru telah dikembangkan untuk mencerminkan perubahan alami. Selama dekade silam, Para pakar dalam bidang Teknologi Pendidikan tengah meningkatkan perhatian untuk meningkatkan pencapaian hasil dilapangan.
Pada saat ini, bidang disain pembelajaran dan teknologi telah meliputi penguraian, pembelajaran, dan pencapaian mesalah serta disain, pengembangan, implementasi, evaluasi, dan manajemen proses pengajaran dan non pengajaran.
Para pakar dalam bidang disain pembelajaran dan teknologi sering menggunakan prosedur disain pembelajaran yang sistematis dan menggunakan beragam media pembelajaran untuk memenuhi tujuan mereka.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...