Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Kamis, 29 Mei 2008

Definisi, Komponen, dan Beberapa Teori Tentang Komunikasi


Definisi komunikasi dari beberapa ahli
1. Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi.(Astrid).
2. Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan.(Roben.J.G).
3. Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain.(Davis, 1981).
4. Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain.(Schram,W)
5. Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial.(Modul PRT, Lembaga Administrasi).
6. Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).(Hovland, Janis& Kelley:1953)
7. .Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.(Berelson dan Stainer,1964)
8. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?).(Lasswell,1960)
9. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.(Gode,1959)
10. Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidak pastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. (Barnlund,1964)
11. Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.(Ruesch,1957)
12. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.(Weaver, 1949)

Komponen yang menjadi bagian penting dalam komunikasi
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik.Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
1.Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
2.Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
3.Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
4.Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.
5.Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan.
2.Fungsi komunikasi
a. Menginformasikan(to inform),komunikasi dapat memberitahukan mengenai sesuatu dari seseorang kepada orang lain.Fungsi informasi yaitu:
ü Menyampaikan berita mengenai peristiwa dan kondisi seseorang,lingkungan,masyarakat dan sebagainya;
ü Menunjukkan hubungan kekuasaan;
ü Memudahkan inovasi,adaptasi,dan kemajuan.
b. Mendidik(to educate),dengan berkomunikasi antar sesama maka akan menimbulkan aksi, reaksi, dan pemahaman terhadap sesuatu begitu juga dalam dunia pendidikan.Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara pengajar dengan yang diajar maka akan memudahkan yang diajar untuk menerima kebenaran dari apa yang diajarkan dan mendorong ke arah yang lebih dewasa.
c. Menghibur(to entertain), komunikasi dapat dipakai sebagai sarana hiburan,rekreasi bahkan dapat meredakan ketegangan sosial.Dengan memadukan pemikiran, gerakan dan gaya bicara yang unik serta ditambah dengan kemampuan berimajinasi maka sesuatu yang disampaikan dan berkomunikasi akan menjadi menarik.
d. Mempengaruhi(to influence), fungsi ini tidak asing lagi dikalangan masyarakat.Tiap detik dapat dilihat komunikasi yang mempengaruhi seperti mengajak pada sesuatu disertai iming-iming yang menjanjikan.

Beberapa Teori Tentang Komunikasi
1.Teori Informasi atau Matematis
Teori ini merupakan bentuk penjabaran dari karya Claude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949 b), Mathematical Theory of Communication.Teori ini melihat komunikasi sebagai fenomena mekanistis, matematis, dan informatif: komunikasi sebagai transmisi pesan dan bagaimana transmitter menggunakan saluran dan media komunikasi.

2. Spiral of silence theory
Dikemukakan oleh Elizabeth Noelle-Neumann tahun 1984. Teori ini menjelaskan mengapa dan bagaimana orang sering merasa perlu untuk menyembunyikan (to conceal) pendapat-pendapatnya, preferensinya (pilihannya), pandangan-pandangannya, dsb.,manakala mereka berada pada kelompok minoritas.

3.Media equation (penyamaan media) theory
Teori ini dikemukakan oleh Byron Reeves dan Clifford Nass, tahun 1996. Teori ini menjelaskan dan meramalkan mengapa orang secara tidak sadar dan secara otomatis merespons terhadap media komunikasi seperti halnya kepada manusia.

4.McLuhan and Innis theory
Innis dan McLuhan menyatakan bahwa media komunikasi sebagai inti dari peradaban manusia.

5.Teori Lasswel
Secara sederhana who says what in which channel to whom with what effect, dapat diterjemahkan;siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa, dengan akibat apa atau hasil apa.untuk lebih jelasya dapat dilihat pada penjabaran di bawah ini, Who (Siapa)Says what (Mengatakan apa)In which channel (Dengan menggunakan saluran/media mana)To whom (Kepada siapa)With what effect, (Dengan effek apa)Who/siapa dapat diartikan sebagai sumber pesan atau bisa juga diartikan sebagai pengirim pesan(sender). Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya. Says what/mengatakan apa,dapat diartikan dengan isi pesan yang disampaikan. Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas. Materi pesan dapat berupa :a. Informasi;b. Ajakan;c. Rencana kerja;d. Pertanyaan dan sebagainya.In which channel/dengan menggunakan saluran atau media merupakan alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman, telepon dan lainnya. Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.To whom/Kepada siapa,dapat diartikan sebagai penerima pesan atau receiver. Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan dari sipengirim meskipun dalam bentuk kode/isyarat tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud oleh pengirim.With what effect/Dengan effek apa,ini dapat diartikan dengan balikan(feedback). Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak.Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi. jadi,makna teori komunikasi berdasarkan penjelasan di atas adalah seseorang yang memiliki ide berupa pesan yang disampaikan baik secara verbal maupun non verbal melalui saluran atau media kepada penerima atau objek yang dituju sehingga sipenerima nantinya memberikan balikan (feedback) dari pesan yang ia terima sebagai dampak dari pengiriman pesan.

Literatur:
1.http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/://
2.masriadi.multiply.com/journal/item/13/Peran_Komunikasi_Massa_Terhadap_Perubahan_Pola_Perilaku_Masyarakat
3. http://kmpk.ugm.ac.id/data/SPMKK/3d-KOMUNIKASI(revJan'03).doc
4.http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
5. http://defickry.wordpress.com/2007/08/09/teori-komunikasi-klasik-teori-informasi/
6.http://bdg.centrin.net.id/~pawitmy/Modul%20kuliah%20teori%20IIP/Modul%206,%20teori%20komunikasi%20massa%20kontekstual.pdf

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...