Silakan Copy dan sebarkan Content blog ini dengan syarat cantumkan sumber atau URL blog...thanx
Untuk masuk ke Blog, "KLIK" Salah Satu iklan di bawah ini 1X, lalu klik close 2X

Kamis, 29 Mei 2008

Keterhubungan Media dengan Anak Didik


Media merupakan alat yang memungkinkan anak didik untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah dan dapat untuk mengingatnya dalam waktu yang lama dibangdingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap muka dan ceramah tanpa alat bantu. Tingkah laku belajar melalui media didasarkan pada pendekatan kecocokan dan ketepatan antara faktor keragaman simbol-simbol karakter yang dimiliki media sehingga mampu merangsang kegiatan-kegiatan kelakuan belajar pada kemampuan hasil belajarnya.
Dalam penggunaan media, perlu diperhatikan kecocokan antara media yang digunakan dengan sifat materi yang diberikan, kadang materi yang diberikan menuntut anak didik untuk aktif dalam menalar seperti contoh dalam pembelajaran sosial dan kemasyarakatan, sianak didik lebih cenderung dihadapkan pada masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang meminta daya nalar, imajinasi dan pola pikir yang sistematis , memahami dan mengembangkan kemampuan berpikirnya. Kadang materi tersebut hanya ditujukan untuk menambah wawasan dan lebih kepada daya ingat atau hafalan seperti materi-materi eksak, konsep-konsep dan lain sebagainya.
Untuk itu, dalam penggunaan media dalam pembelajaran, hendaklah menggunakan komunikasi audio dan visual yang baik, menarik, dan memunculkan motivasi belajar dari siswa, agar mereka dapat menggali kemampuan yang yang ada pada diri mereka baik kemampuan menalar/ berfikir dan kemampuan untuk mengingat apa-apa yang telah diberikan sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan yang telah disusun sebelumnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...